Lidah Buaya Sebagai Icon Sekolah Adiwiyata

Lidah Buaya Sma n 1 sukomoro (5)

Lidah Buaya atau Aloe vera (Latin: Aloe barbadensis Milleer) merupakan tanaman berduri yang berasal dari daerah kering di benua Afrika. Tamanan Lidah Buaya ini telah dikenal dan digunakan sejak ribuan tahun yang lalu karena khasiat dan manfaatnya yang luar biasa.  Lidah buaya adalah icon dari sekolah kami SMAN 1 SUKOMORO, kami memilih lidah buaya sebagai icon sekolah karena lidah buaya mempunyai banyak manfaat dan mudah dalam penanaman juga perawatannya. Sekolah kami juga sudah membuat produk dari lidah buaya seperti  es lidah buaya.
Catatan sejarah yang ada menyebutkan bahwa Bangsa Mesir kuno telah mengetahui manfaat lidah buaya sebagai tanaman kesehatan sejak tahun 1500 SM. Karena manfaat lidah buaya yang begitu luar biasa, bangsa Mesir kuno menyebut tanaman lidah buaya sebagai tanaman keabadian!

Lidah Buaya Sma n 1 sukomoro (3)Tidak hanya itu, seorang tabib dari zaman Yunani kuno yang bernama Dioscordes, menyebutkan jika salah satu manfaat lidah buaya yakni memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit. Misalnya radang tenggorokan, bisul, rambut rontok, wasir, dan kulit memar, pecah-pecah serta lecet.

Itu sedikit sejarah mengenai tanaman lidah buaya dan sekolah kita SMAN 1 Sukomoro menjadikan tanaman lidah buay sebagi icon sekolah. Apa alasannya?? Karena lidah buaya MUDAH DIDAPAT,MUDAH DITANAM, MUDAH PERAWATANNYA dan BANYAK MANFAATNYA. Maka dari itu di SMAN 1 Sukomoro banyak sekali dijumpai tanaman yang satu ini. Yang paling banyak dijumpai adalah di kawasan belakang yang merupakan kebun lidah buaya. Di tempat lain juga terdapat lidah buaya, seperti pada depan kelas.

Untuk tanaman ini ada POKJA tersendiri untuk bertanggung jawab yaitu POKJA tanaman toga. Di SMAN 1 Sukomoro tanaman lidah buaya diolah menjadi beberapa produk yaitu sabun, shampoo, nata de aloe vera dan minuman dari lidah buaya. Produk-produk ini selalu dipamerkan pada acara di sekolah. Semua siswa SMAN 1 Sukomoro sangat antusias dengan kegitan ini. Dibuktikan dengan rutinitas siswa dalam merawat lidah buaya. Namun yang bertanggung jawab atas kegiatan ini tetap POKJA tanaman toga dibawah Pembinaan guru yang berkompeten dalam hal ini.Lidah Buaya Sma n 1 sukomoro (8)

Selain diolah menjadi beberapa produk, tanaman lidah buaya ini juga digunakan sebagai pengobatan dan selalu disediakan di UKS. Antara lain:

  1.  Gangguan pencernaan. Lidah buaya berguna terutama pada kasus panas perut serta iritasi usus dan tukak lambung. Lidah buaya diketahui dapat menenangkan esofagus dan mengatasi refluks asam.
  2. Kekebalan. Lidah buaya merupakan antioksidan yang penuh kontra radikal bebas untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  3. Luka bakar. Gel lidah buaya dapat menyembuhkan dan memperbaiki kulit yang terkena luka bakar, termasuk luka bakar akibat paparan sinar matahari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *