Futsal

FUTSAL

FUTSAL

Di era globalisasi sekarang ini banyak sekali masyarakat yang tidak peduli akan pentingnya olahraga, karena mereka lebih sibuk dengan pekerjaan mereka. Sehingga mereka lalai pada kesehatan tubuh.
Disini olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga rohani.Olahraga asli dari berbagai daerah di Indonesia, mungkin belum terkenal di tingkat nasional namun cukup populer di daerah asalnya. Khazanah budaya bangsa yang sebaiknya tetap diperhatikan dan di bina sebelum habis punah dilanda oleh arus globalisasi, terutama oleh permainan era digital dengan menggunakan perangkat komputer.
Meskipun tergolong baru, perkembangan permainan futsal cukup pesat bahkan kini menjadi tren dan digemari oleh berbagai kalangan termasuk pelajar.Selain sebagai olahraga pengisi waktu luang, futsal kini menjadi salah satu olahraga kompetitif, ini terbukti dengan semakin maraknya diadakan pertandingan futsal dari mulai kejuaraan dunia, nasional, dan bahkan hingga pertandingan antar pelajar (SMA, SMP dan SD).

Dasar-Dasar Futsal

Berikut lima prinsip dasar bermain futsal.
1. Speed
Kecepatan menjadi prinsip dasar paling utama dalam permainan futsal.Mengingat lapangan futsal yang kecil, tak ada ruang dan waktu bagi kita untuk berlama-lama dengan bola.Setiap pemain harus bergerak dengan cepat untuk menciptakan ruangan.
2. Fast Moves
Bergerak dengan cepat.Satu paket dengan kecepatan. Bergerak dengan cepat cenderung lebih diutamakan ketika bermain sebagai tim. Saat menciptakan ruang, pertukaran posisi tentunya harus dilakukan secepat mungkin. Tanpa cara ini, akan sanat sukar membuka ruang tembak atau setidaknya menciptakan peluang.
3. Tactics
Dalam bermain futsal, pelatih boleh sekehendak hati mengganti pemain selama pertandingan. Untuk menjaga stamina tim, kadang mengganti 1 persatu secara rotasi, atau dua sekaligus. Bahkan di beberapa tim, menciptakan dua tim dengan mengganti 4 pemain sekaligus dengan tim baru dari bangku cadangan. Jika dalam kondisi mendesak, bukan tak mungkin, penjaga gawang diganti pemain outfield alias bermain power play.
4. Formations
Inilah yang membedakan gaya permainan tiap tim futsal. Sistem 4-0 saat ini menjadi favorit dengan melihat permainan Spanyol yang luar biasa bagus.Transisi dari formasi ini bisa bervariasi.Kadang ketika mencari keseimbangan cukup menjadi 2-2 atau malah secara ekstrim menjadi 0-4.
Di Indonesia sendiri banyak yang menyukai kombinasi formasi 3-1 dengan variasi 1-2-1.Mengingat tipikal permainan kita cenderung statis dan tak mau ambil resiko. Namun pada prinsipnya, formasi akan berbuah tergantung situasi di lapangan.
5. Defending
Uniknya futsal, bertahan dijadikan patokan, alih-alih menyerang.Karena jika pertahanan telah sempurna, ketika lawan kehilangan bola, secepat kilat kita bisa berganti menyerang dengan counter attack super kilat.Cara bertahan sistem zona (zonal marking) secara perlahan mulai ditinggalkan. Sistem man-to-man marking dianggap lebih fleksibel, meski kita mampu menerapkan secara menyeluruh dalam sebuah kesatuan tim. Perhatikan cara bertahan Brasil. Pemain-pemain mereka bergerak menjaga lawan langsung ketika lawan mulai membangun serangan

SISTEM LATIHAN

Dalam Sistim Latihan Dasar Futsal Meliputi :

– Latihan Teknik Dasar FUTSAL
– Latihan Teknik Kontrol Bola
– Latihan Kerjasama Team
– Latihan Menyerang
– Latihan Bertahan
– Latihan Fisik FUTSAL
– Latihan Mental FUTSAL
– Latihan Taktik FUTSAL
– Latihan Teknik, Taktik & Strategi Kompetisi.

PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER FUTSAL

Program Kerja Futsal

Program Kerja Futsal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *