Potensi

a. Potensi Fisik

SMA N I Sukomoro memiliki potensi fisik yang bisa diunggulkan. Hal ini bisa dilihat dari luas areal yang dimiliki. Dengan perbandingan jumlah kelas dan jumlah siswa yang telah memenuhi rasio SNP, dan ditambah beberapa standar sarana prasarana yang harus dimiliki sekolah seperti misalnya ruang guru, tata usaha, lab, UKS, ruang kesenian dll, masih tersisa sejumlah lahan yang bisa lebih dimaksimalkan penggunaannya di masa depan. Oleh sekolah lahan-lahan yang masih ada itu kini sedang dimanfaatkan untuk mendukung program berwawasan lingkungan. Seperti misalnya pembuatan hutan sekolah, pembangunan kolam ikan produktif, penanaman tumbuhan produktif, pembangunan green house dan pembangunan sarana prasarana pengolahan sampah.

Selain itu letak SMA N I Sukomoro yang berada di tengah areal pemukiman yang tidak terlalu padat menjamin suasana tenang yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar. Letak yang jauh dari jalan raya juga menghindarkan sekolah dari kebisingan dan polusi udara yang berlebihan. Sedangkan perkebunan tebu yang melingkupi sekolah di sisi timur dan selatan sekolah memberikan pemandangan sejuk dan kualitas udara yang bagus untuk seluruh warga sekolah. Di masa depan hal ini juga dapat membuka peluang kemitraan yang bisa mendukung program ADIWIYATA sekolah.

 

b. Potensi SDM sekolah

Jumlah Guru SMA N I Sukomoro sebanyak 42 guru dengan perbandingan setiap mata pelajaran yang telah sesuai dengan standar isi SNP mendukung penuh terlaksananya proses belajar mengajar. Kualifikasi guru di SMA N I Sukomoro juga tidak perlu di ragukan lagi karena hampir 80% guru telah bersertifikat pendidik. Hal ini bisa menggambarkan tingkat profesionalisme tenaga pengajar di SMA N I Sukomoro.

Sedangkan dari potensi siswa yang dimiliki oleh SMA N I Sukomoro bisa digambarkan dengan tingkat kelulusan Ujian Nasional yang mendekati 100% setiap tahunnya. Kiprah siswa siswi di ajang kompetis baik olahraga, seni maupun pelajaran juga telah terbukti. Sebagai salah satu contohnya adalah terpilihnya siswa siswi SMA N I Sukomoro sebagai Dyah Bagus Favorit Magetan selama dua tahun berturut turut.

c. Daya Dukung Masyarakat

Masyarakat yang ada di sekitar SMA N I Sukomoro yang bercorak masyarakat pedesaan telah memberikan dukungan positif terhadap kegiatan yang diadakan oleh sekolah. Hal ini dapat dibuktikan dengan

  • Saling pengertian terlah terjalin antara sekolah dengan masyarakat sehingga tidak pernah terjadi sekalipun tentangan maupun keluhan masyarakat yang berkaitan dengan kegiatan sekolah.
  • Terjalinnya kegiatan antara sekolah dan masyarakat yang memberikan manfaat pada masing-masing pihak.
  • Adanya kesadaran dari masyarakat untuk ikut   menjagai segala apapun yang ada di sekolah.

 

d. Daya Dukung Pemerintah setempat

Pemerintah Daerah Kabupaten Magetan dalam hal ini telah sangat mendukung kegiatan yang dilakukkkan oleh SMA N I Sukomoro. Segala dukungan itu diwujudkan dengan bantuan-bantuan yang dibutuhkan sekolah yang berkaitan dengan birokrasi dan informasi-informasi dari pemerintah daerah yang lebih tinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *